marquee

SUKSESKAN PUNCAK PERINGATAN HARI NUSANTARA TAHUN 2016 >>> 13 Desember 2016, di Pelabuhan Lewoleba, Kabupaten Lembata, Provinsi Nusa Tenggara Timur

Minggu, 18 Agustus 2013

DEWAN KELAUTAN INDONESIA LAKUKAN UPACARA HUT KEMERDEKAAN RI KE-68 DI DERAWAN


Nomor : SP. 19.2  /DEKIN.1/HM.311/VIII/2013
Upacara yang diikuti oleh seluruh masyarakat Kampung Derawan, dilaksanakan di lapangan bola Kampung Pulau Derawan (Sabtu, 17/8) bertepatan dengan peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI ke-68. Selain masyarakat, upacara tersebut juga diikuti oleh siswa didik, unsur TNI dan Polri, jajaran Pemerintah Kabupaten Berau, serta beberapa perwakilan kementerian/lembaga di tingkat pusat seperti Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat dan Kementerian Koperasi dan UKM.

Sekretaris Dewan Kelautan Indonesia (DEKIN) Dedy H. Sutisna selaku Inspektur Upacara sangat bangga terhadap semangat masyarakat Kampung Derawan. "Saya sangat mengapresiasi antusiasme dan semangat masyarakat Derawan serta persiapan pemerintah setempat yang luar biasa. Upacara di pulau ini sangat bermakna tidak hanya sekedar peringatan HUT Kemerdekaan RI tetapi sebagai momentum untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa khususnya yang tinggal di pulau-pulau kecil dan terdepan di wilayah NKRI," urainya.
Sekretaris DEKIN yang juga Staf Ahli Menteri Kelautan dan Perikanan ini juga menjelaskan bahwa upacara di Derawan menjadi langkah awal dalam penyelenggaraan Festival Derawan pada 20 September 2013 mendatang. Sementara itu, Asisten I Bupati Berau sangat berterima kasih kepada DEKIN dan pemerintah pusat yang telah menggagas upacara peringatan HUT RI di Derawan. "Kami sangat senang atas terselenggaranya upacara bendera memperingati proklamasi 17 Agustus di wilayah ini. Meski dalam kondisi yang terbatas, ini merupakan suatu bentuk perhatian besar pemerintah terhadap pulau ini," ujarnya.  Sedangkan Wakil Ketua DPRD Berau berharap agar kehadiran pemerintah pusat dapat menjadi semangat bagi masyarakat di Kampung Pulau Derawan untuk terus membangun wilayahnya.
Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-68 di Pulau Derawan Kabupaten Berau Provinsi Kalimantan Timur ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Sail Komodo 2013. Selain upacara di Derawan, Panitia Nasional Sail Komodo 2013 juga menggelar upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI di pulau terluar yaitu Pulau Alor Provinsi Nusa Tenggara Timur. Dirgahayu NKRI. Kita wujudkan Indonesia sebagai negara maritim yang maju, kuat, dan mandiri. (vien)

Jakarta, 17 Agustus 2013

  ttd

Dewan Kelautan Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar