marquee

SUKSESKAN PUNCAK PERINGATAN HARI NUSANTARA TAHUN 2016 >>> 13 Desember 2016, di Pelabuhan Lewoleba, Kabupaten Lembata, Provinsi Nusa Tenggara Timur

Sabtu, 19 April 2014

Rapat Persiapan Hari Nusantara Tingkat Nasional Tahun 2014


Banjarbaru - Dalam rangka menghadapi Peringatan Hari Nusantara Tingkat Nasional Tahun 2014 pada tanggal 13 Desember Tahun 2014 nanti di Kabupaten Kotabaru, diadakan Rapat Koordinasi Persiapan Hari Nusantara Tingkat Nasional Tahun 2014 di Ruang Rapat H Aberani Sulaiman Kantor Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Banjarbaru, Selasa (15/4). Rapat diikuti oleh Pejabat dari Kementrian Kelautan, Kementrian Riset dan Teknologi, TNI Angkatan Laut, Gubernur Kalimantan Selatan, Kapolda Kalimantan Selatan, Danrem 101 Antasari, Danlanal, Bupati Kabupaten Kotabaru, serta pejabat terkait.

Dalam sambutan Menristek yang disampaikan oleh Divisi Relevansi dan Produktivitas Iptek Dr Ir Agus Puji Prasetyono yang juga sebagai Ketua Harian Hari Nusantara menyampaikan, "Peringatan Hari Nusantara dijadikan momentum untuk mengembangkan laut sebagai wahana yang dapat meningkatkan ilmu pengetahuan di bidang ketahuan dan juga berdampak kepada ekonomi dan sosial dapat bermanfaat,"ujarnya. Menristek melalui dirinya juga berpesan sukses yang harus didapatkan pada Peringatan Hari Nusantara nanti yaitu sukses penyelenggaraan secara administrasi, sukses secara substansi, dan sukses memberikan manfaat kepada masyarakat.
Rapat ini sendiri dipimpin oleh Sekretaris Dewan Kelautan Indonesia Dr Ir Dedy H Sutisna, dirinya mengungkapkan rapat ini dilaksanakan pertama kali sejak Kabupaten Kotabaru diputuskan menjadi tempat di selanggarakannya Hari Nusantara Tahun 2014 dalam rangka mempersiapkan pelaksanaan Hari Nusantara. Untuk kepanitiaan kegiatan Hari Nusantara ini di dominasi oleh Kemenristek bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dan Pemerintah Kabupaten Kotabaru
"Inilah bentuk sinergitas dari Pemerintah Pusat, Provinsi sampai dengan Kabupaten," ujarnya
Seperti yang diungkapkan Sekretaris Dewan Kelautan Indonesia, Penyelenggraan Hari Nusantara nanti merupakan yang ke 14 kali digelar sejak tahun 2001 pertama kali digelar, yang mana berdasar pada Keputusan Presiden Nomor 126 Tahun 2001. Untuk tahun ini mengangkat tema "Membangun Nusantara Dengan Inovasi Maritim Anak Bangsa" dan tujuan dilaksanakannya Peringatan Hari Nusantara ini adalah untuk Merubah mindset bangsa indonesia mengenai tuang hidup dan tuang juang dari matra darat menjadi matra laut (berimbang), Menjadikan bidang kelautan sebagai arus utama dalam pembangunan nasional, Menghasilkan modal pembangunan terinterigasi bagi kepulauan terluar atau terpencil, dan Mewujudkan Indonesia menjadi negara maritim yang mampu mengolah potensi sumber daya alam laut untuk kesejahteraan masyarakat yang disegani dunia.
Rapat diisi dengan paparan dari Panitia Hari Nusantara dan dialog tanya jawab agar semua persiapan pelaksanaan Hari Nusantara berjalan dengan baik dan lancar. Rombongan tim panitia sendiri setelah Rapat selesai langsung berangkat ke Kabupaten Kotabaru untuk meninjau dan melihat langsung lokasi dilaksanakannya Peringatan Hari Nusantara. (dnr/kh)
(Sumber : Newsroom Biro Humas Setdaprov Kalsel edisi Rabu, 17 April 2014)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar