marquee

SUKSESKAN PUNCAK PERINGATAN HARI NUSANTARA TAHUN 2016 >>> 13 Desember 2016, di Pelabuhan Lewoleba, Kabupaten Lembata, Provinsi Nusa Tenggara Timur

Senin, 02 Februari 2015

Populi Center: Menteri Susi Favorit Masyarakat

TEMPO.CO, Jakarta - Survei nasional Populi Center dengan tema “Jokowi-JK 100 Hari Pertama” menyebutkan masyarakat paling menggemari Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. "Kisah Menteri Susi paling mirip Presiden Jokowi," kata pengamat politik dari Populi Center, Nico Harjanto, saat dihubungi, Sabtu, 31 Januari 2015. 

Nico menuturkan Menteri Susi yang berlatar pengusaha ikan dan lobster sempat mendapat penilaian negatif dari masyarakat setelah pengumuman dirinya resmi menjadi menteri. Beberapa isu yang sempat menghujaninya adalah ia merokok dan memiliki tato. Selain itu, soal dirinya yang hanya sampai lulus sekolah menengah pertama juga sempat menjadi bahan olok-olok masyarakat. "Walau begitu, ia membuat banyak gebrakan selama seratus hari bekerja," kata Nico.

Semua penilaian negatif untuk Menteri Susi tertutupi dengan kebijakan yang dikeluarkannya. "Semua pesimis orang dibalas dengan gebrakan," ujarnya. Salah satu kebijakannya yang populer adalah menenggelamkan kapal asing yang mencuri ikan di perairan Indonesia tanpa izin. 

Nico menuturkan kemiripan Susi dengan Jokowi ada pada penilaian negatif masyarakat. Jokowi yang dengan latar masyarakat biasa popularitasnya meningkat dengan melejitnya posisinya dari Wali Kota Solo, Gubernur DKI Jakarta, hingga Presiden Indonesia. 

Dalam survei itu, Menteri Susi dipilih sebanyak 31,3 persen. Menteri yang paling favorit kedua adalah Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa dengan 8,2 persen suara responden. Posisi selanjutnya diduduki oleh Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar-Menengah Anies Baswedan dengan 6 persen suara. "Menteri Anies memang sudah terkenal sebagai tokoh muda sejak sebelum menjabat sebagai menteri," kata Nico.

Survei ini dilakukan di 34 provinsi dengan melibatkan 1.200 responden. Para responden survei yang dilakukan pada 16-22 Januari 2015 itu berasal dari beragam latar belakang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar