marquee

SUKSESKAN PUNCAK PERINGATAN HARI NUSANTARA TAHUN 2016 >>> 13 Desember 2016, di Pelabuhan Lewoleba, Kabupaten Lembata, Provinsi Nusa Tenggara Timur

Jumat, 28 Maret 2014

Sail Raja Ampat 2014 Promosikan Potensi Bahari Raja Ampat Ke Pentas Wisata Dunia

Setelah sukses menyelenggarakan Sail Komodo pada tahun 2013, kini pemerintah kembali menyelenggarakan kegiatan serupa, bertajuk Sail Raja Ampat 2014. “Sail Raja Ampat merupakan kelanjutan dari suksesnya pelaksanaan Sail sebelumnya yang diselenggarakan untuk membangun destinasi bahari khususnya di Papua Barat.” Hal ini disampaikan oleh Menteri Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) Agung Laksono selaku Ketua Pengarah Panitia Nasional Penyelenggara Sail Raja Ampat 2014, saat Launching Sail Raja Ampat dan Festival Danau Sentani 2014 yang berlangsung di Ballroom Mina Bahari 3 Kementerian Kelautan dan Perikanan , Kamis (27/3).

Menko Kesra yang didampingi oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif C. Sutardjo dan Gubernur Papua Barat Abraham O. Aturury, menyebutkan bahwa Sail Raja Ampat kali ini bertema ”Membangun Bahari, Menuju Raja Ampat ke Pentas Wisata Dunia”, puncak acaranya akan dilaksanakan pada tanggal 21 Juni 2014 di Pantai Waisai Torang Cinta (WTC) Raja Ampat, Papua Barat. Masih menurut Menko Kesra, seperti Sail sebelumnya, Sail Raja Ampat merupakan event kelautan internasional tahunan yang memformulasikan kegiatan pelayaran di wilayah laut dan aktifitas lainnya yang berbasis kelautan dengan leading sectorpariwisata bahari. ”Sejumlah Kementerian/Lembaga terlibat dan menyinergikan program sehingga dapat mendorong percepatan pembangunan pariwisata bahari utamanya di wilayah Papua Barat,” ujar Menko Kesra. Lebih lanjut dijelaskan bahwa melalui pembangunan pariwisata bahari diharapkan dapat memberikan nilai tambah dan meningkatkan perekonomian masyarakat di Papua Barat dan wilayah sekitarnya.

Sementara itu, Menteri Kelautan dan Perikanan yang juga Ketua Panitia Pelaksana Tingkat Pusat dalam penyelenggaraan Sail Raja Ampat ini juga menekankan bahwa event bahari ini adalah salah satu implementasi dari Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) yang merupakan program pemerintah dalam rangka mempercepat pembangunan ekonomi nasional. Beberapa pembangunan fisik dan sosial dilaksanakan di Raja Ampat seperti Upacara Bendera Peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-69 di salah satu pulau terluar; Bhakti Sosial dan Pelayanan Kesehatan; Pelayaran Lingkar Nusantara IV; Bhakti Kesejahteraan Rakyat Nusantara; BadanUsaha Milik Negara Peduli Raja Ampat; Gerakan Membangun Kampung; Lintas NusantaraRemaja dan Pemuda Bahari/Kapal Pemuda Nusantara; Ekspedisi Riset Kelautan; Reli Kapal Layar (Yacht Rally); Seminar Nasional dan Internasional; Pengembangan Potensi Pariwisata, Ekonomi Kreatif dan Budaya; Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara ; Olahraga Bahari; Promosi Potensi Daerah; Festival Danau Sentani 2014; serta Percepatan Pembangunan Sarana dan Prasarana. Beberapa agenda utama lainnya dalam Sail Raja Ampat antara lain Lomba Desain Batik Papua, Festival Danau Sentani, Pelepasan Gugus Laut, Update from the Region, Yacht Rally, Pameran di Raja Ampat serta Diplomatic Tour. 

Launching Sail Raja Ampat sarat dengan atraksi seni dan budaya Papua. Sejumlah pejabat tinggi negera diantaranya Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu, Wakil Menteri dari beberapa Kementerian/Lembaga, pemerintah provinsi dan kabupaten serta masyarakat lainnya hadir dan memeriahkan acara tersebut.

Sekretaris
Dr. Ir. Dedy H. Sutisna, MS
HP. 0815 838433

Tidak ada komentar:

Posting Komentar